Pemanfaatan Ikan Belut

Kali ini saya akan menjabarkan masalah pemanfaatan ikan belut.

Belut merupakan salah satu sumber lauk-pauk yang dipercaya memiliki kandugan protein tinggi. Selama ini pemanfaatan ikan belut biasanya untuk dikomsumsi langsung sebagai bahan makanan dalam berbagai bentuk hidangan. Daging belut sendiri mempunyai nilai kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Dalam 100 Gram daging ikan belut, terkandung protein 14%, Lemak 27%, zat besi 2,0 mg, kalsium 20 mg, dan vitamin C 2,0 mg. Berikut ini adalah tabel perbandingan antara kandungan gizi ikan belut, telur dan daging sapi untuk setipa 100 gram.



Pemanfaatan Ikan Belut
Tabel : Perbandingan Gizi Ikan Belut



Di daerah sumatera, belut biasanya dikeringkan menyerupai dengdeng sehingga tahan untuk jangka waktu yang lama dan umumnya dijajakan dalam potong-potongan bambu. Setiap potongan bambu berisi belut kering 10-20 ekor. Sementara itu, di daerah jawa belut sering diolah lagi menjadi makanan ringan berupa kripik belut. Biasanya untuk keripik belut digunakan belut berukuran kecil.

Di jepang, belut dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan tepung serta UNAGI atau fillet belut mentah. Umumnya, masyarakat jepang mengonsumsi bagian kepala, karena kepala ikan belut memiliki kandungan protein tinggi. Juga dipercaya dapat meningkatkan hormon vitalitas pria dan menghilangkan pegal-pegal di pinggang. Di eropa, belut biasa dikomsumsi dalam bentuk daging asap. Biasanya, untuk keperluan pembuatan belut asap digunakan bahan batok kelapa sebagai media pengasapannya.

1 komentar:

  1. Mantapssss ek ek ek siap jual bibit belut 082136712513

    BalasHapus