Tip Memotong Ikan Belut dan Membersihkan Ikan Belut

Belut merupakan ikan konsumsi air tawar dengan nilai gizi dan cita rasa yang tinggi, maka tak heran jika saat ini banyak kalangan yang semakin suka mengkomsumsi balut. Namun demikian, kendala yang sering dialami adalah sulitnya menangkap dan memotong ikan belut karena belut terkenal licin karena banyak mengeluarkan bau yang cukup anyir, kendati sudah tersaji matang sehingga kerap membuat selera makan menghilang. 

Berikut tips untuk memudahkan dalam memotong dan membersihkan ikan belut secara cepat dan benar agar bau anyir darah bisa ilang.


  1. Untuk mematikan dengan cepat dan mengeluarkan lendir secara total, taburi belut dengan garam dapur. Belut dikenal sangat sensitif terhadap garam sehingga bila ada garam yang mengenai tubuhnya, belut segera mengeluarkan lendir secara berlebihan sampai akhirnya belut mati.
  2. Setelah belut mati, siram belut dengan air bersih untuk menghilangkan lendir yang telah dikeluarkan belut. Dengan demikian, belut menjadi mudah digenggam.
  3. Siapkan pisau dengan ujung runcing. Peran pisau dapat digantikan dengan ilatan bambu atau gunting.
  4. Pegang kepala belut dengan ibu jari dan jari telunjuk
  5. Potong atau sayat melintang leher belut bagian bawah, tepat di belakang insang
  6. Masukkan ujung pisau ke dalam perut melalu sayatan yang telah dibuat di leher belut dengan matga pisau menghadap kulit perut belut.
  7. Dorong pisau membujur sepanjang perut belut sampai lubang anus belut.

0 komentar:

Posting Komentar