Proses Pembesaran Benih Ikan Belut

Pembesaran Belut hingga panen di kolam atau drum sesuai umur benih yang ditebar

Persiapan Kolam
- Kolam dengan ukuran minimum 25 m2 (5 x 5 m) dengan kedalam 1 m. Untuk wadah drum, diberi media pemeliharaan yang matang idealnya tinggi 50 cm dan air setinggi 5 cm.
- Kolam diberi media pemeliharaan barupa tanah atau lumpur sawah, pupuk kandang, jerami padi, dan batang pisang (ketebog), sesuai dengan pemakaiannya
- Setelah semua media dimasukkan ke dalam kolam, diamkan media tersebut selama 4 minggu sebelum benih ditebar agar terjadi proses frementasi.


Penebaran Benih
Padat penebaran disesuaikan dengan kapasitas optimal kolam, yaitu 1 kg benih untuk 1 m2, jadi untuk ukuran 5 x 5 m = 25 m2 dibutuhkan benih 25 x 1 = 25 kg.


Pemeliharaan
- Lama pemeliharaan 3-6 bulan
- Pakan yang diberikan berupa cacing, ikan, anak katak hijau, belatung, dan lainnya dengan perbandingan 5% per hari dari jumlah benih yang ditebar. Sebagai contoh 25 kg benih per harinya membutuhkan pakan 25 kg x 5 % = 1,25 kg pakan per hari (dibulatkan menjadi 1,5 kg.)
- Pakan ditebarkan langsung atau ditanamkan di bawah media pemeliharaan.
- Aliran air diusahakan tetap lancar. Usahakan di dalamnya ada pakan tambahan seperti ikan guppy atau ikan cere.


Pemanenan
- Pemanenan belut jika bobotnya sudah memenuhi ukuran pasar (100-200 gram) perekor atau 1 kg berjumlah 10-20 ekor, biasanya dicapai setelah 3 bulan (pasar lokal) dan 6 bulan (pasar ekor).
- Pemanenan dilakukan dengan bantuan bubu (satu hari sebelum pemanenan total cara pengeringan kolam).



0 komentar:

Posting Komentar