Bibit Ikan Belut Harus Yang Berkuliatas

Bibit Ikan Belut Berkuliatas
Budi Daya Ikan Belut : Faktor penting lain yang menentukan keberhasilan budi daya ikan belut adalah kualitas bibit yang digunakan. Sebagaimana diketahui, umumnya bibit belut yang ada saat ini sebagian besar masih merupakan hasil tangkapan alam. Karena itu, teknik penangkapan bibit dari alam menentukan kualitas bibit.

Bibit yang ditangkap dengan cara alami menggunkan perangkap seperti bubu merupakan bibit yang cukup baik karena tidak mengalami perlakuan yang menurunkan kualiatas. sebaiknya bibit yang diperoleh dengan cara tiadk baik seperti disetrum bukan termasuk bibit berkualitas karena bibit seperti ini pertumbuhannya tidak akan maksimal (kuntet).

Lebih baik lagi jika bibit yang digunakan berasal dari hasil budi daya karena ukurannya lebih seragam dan jarang terserang penyakit seperti yang mungkin terjadi pada ikan belut hasil tangkapan alam. Sayangnya bibit belut hasil budidaya masih sedikit. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan terkait kualitas bibit belut :



A. Bibit yang digunakan sehat dan tidak terdapat bekas luka
B. Ukutan bibit seragam dan dikarantina terlebih dahulu
C. Tingat kepadatan

Tabel 1: Tingkat Kepadatan Belut Yang Dianggap Ideal


Berdasarkan tabel tersebut, tingkat kepadatan belut harus dikurangi seiring bertambahnya ukuran ikan. Artinya, setiap periode pembudidayaan, harus dilakukan penjarangan pada jumlah belut, sehingga kondisinya tidak terlalu padat.

0 komentar:

Posting Komentar